Powered By Blogger

Thursday 27 October 2011

Assignment: Quality’s definition

TI UNIROWUnirow Technical Industry’s students are having an assignment to make a definition of Quality. They are browsing for Quality attribute which consists of Product and services. As the final question, they also need to write about what a quality student is. I will write here the answer from Mohammad Aris Affandi and Dedi Raharjo from TI 2009B. Here are what they said about Quality:



TUGAS 1
Definisi Kualitas
Kualitas adalah suatu bentuk penilaian yang ada pada suatu hal yang bisa dinilai sesuai dengan fungsinya. Para ahli berpendapat bahwa Kualitas adalah kesesuaian dari permintaan atau spesifikasi. Kualitas sendiri sebenarnya sangatlah rumit untuk dijabarkan. Sebagai penilaian utama yang sering digunakan adalah tingkat kepuasan. Untuk mengetahui tingkat kualitas sesuatu hal, maka ketahuilah seberapa puas pengguna terhadap barang atau jasa tersebut.
Atribut Kualitas
Kualitas memiliki dua atribut utama yaitu Produk dan Jasa.
Produk adalah sebuah hasil proses dari produksi untuk pemenuhan kebutuhan. Produk merupakan sebuah hal yang biasanya berupa barang yang diproduksi dengan memperhatikan tingkat kualitasnya. Kualitas sangat ditentukan oleh produk tersebut. Produk yang baik akan memberi kualitas yang baik. Sangat sulit membuat produk yang baik karena sebuah produk tidak hanya mementingkan tampilan saja namun juga isi dan segala tambahan lainnya. Sebagai contoh, seorang penjual es tidak hanya berpikir membuat es yang lezat untuk mendapatkan kualitas produk terbaik namun juga memikirkan bungkus es yang menarik hati. Intinya, produk yang baik adlah produk yang memenuhi syarat kualitas terbaik yakni mampu memberikan rasa puas terhadap penggunanya. Produk merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kualitas suatu barang.
Jasa atau pelayanan mampu memberikan dampak yang luas terhadap kualitas. Jasa sebagai attribut kualitas memiliki arti bahwa kualitas sangatlah dipengaruhi oleh jasa yang baik. Sebagai salah satu bentuk modern dari proses bisnis modern, Jasa memberikan nilai dari suatu hal. Sebuah kualitas sangatlah bergantung pada jasa yang ada. Jasa berfungsi sebagai metode penilaian kualitas sesuatu hal. Sebagai contoh, produk yang baik belum tentu mendapat respon positif dikarenakn proses pelayanannya yang amburadul. Sebaliknya, Produk yang tak terlalu baik bisa menjadi favorit bila didukung pelayanan yang memadai. Pada dasarnya, jasa merupakan komponen penilaian dari kualitas suatu hal.
Mahasiswa berkualitas
155199_107395545999665_100001876590494_56010_19127_nMahasiswa berkualitas adalah mahasiswa yang mampu membuat kagum orang lain. Kualitas seorang mahasiswa ditentukan oleh tingkat berpikir dan juga kreatifitas serta sopan santun beretika. Ini berarti bahwa mahasiswa berkualitas adalah mahasiswa yang mampu mencerna setiap pelajaran dan juga bisa mengaplikasikannya serta mengembangkan ilmu yang diperolehnya untuk hal yang lebih baik. Mahasiswa Berkualitas juga berarti mahasiswa yang kreatif dan mampu menciptakan ide baru yang unik dan kreatif serta memiliki nilai plus bagi suatu hal. Adanya penemuan baru yang mampu membantu masyarakat adalah salah satu bentuk dari hasil kreatifitas mahasiswa kreatif. Tidak hanya itu, Mahasiswa berkualitas juga memiliki akhlak yang mulia dan berusaha menjadi lebih baik serta selalu memberi inspirasi atau contoh yang baik bagi masyarakat.
Mohammad Aris Affandi (TI 2009B - 1414090041)
Here is another one from Dedi Raharjo (Also from the same 2009 TI-B)

DEFINISI KUALITAS Kualitas adalah sebuah nilai dari sesuatu hal yang bisa dinilai. Definisi kualitas ini berdasarkan pada realita di masyarakat tentang penilaian dari sesuatu hal yang sering juga disebut kualitas. Untuk mengetahui tentang kualitas suatu hal, diperlukan tingkat ukur kualitas. Pelanggan sebagai pemakai suatu produk atau jasa bisa memberikan nilai atau kualitas suatu produk atau jasa yang diberikan. Kesimpulannya, kualitas merupakan bentuk appresiasi terhadap barang atau jasa. ATRIBUT KUALITAS Atribut kualitas meliputi produk dan jasa. 1. PRODUK Produk adalah hasil dari suatu penciptaan atau proses yang menentukan kualitas. Produk merupakan hasil akhir dari proses produksi yang bisa dinilai dan digunakan. Kualitas suatu hal bisa dilihat dari produk yang diberikan. Semakin baik produknya maka semakin tinggi kualitasnya. 2. JASA Jasa merupakan unsur yang mempengaruhi kualitas. Pada dasarnya jasa merupakan pelayanan sering juga disebut unseen product yang berarti produk yang tak terlihat. Kualitas tidak bisa lepas dari jasa karena jasa merupakan unsur yang esensial pada penilaian. Penilaian sangat menentukan kualitas. MAHASISWA BERKUALITAS 58077_114051385331653_100001803767811_102755_6571196_nMahasiswa berkualitaas adalah mahasiswa yang benar-benar bisa bersikap dan memanfaatkan segala yang ada sesuai dengan lingkungannnya untuk membuat perubahan kehidupan yang lebih baik. Mahasiswa berkualitas adalah mahasiswa yang bisa berguna bagi nusa dan bangsa serta mampu menjawab tantangan kehidupan saat ini. Nama : Sudedi Raharjo Kelas : TI 2009B NPM : 1414090045

Note: Both above answer are only to be posted at UNIROW ASIA and kindly ask for permission if you want to use the document. thanks. ARICK

Moch Rifai
Moch Rifai

A local teacher whom enjoy teaching student. I always have lots of questions in my mind. Doing research is an effort to answer my curiosity

Post a Comment

Author

Powered by Blogger.